Planning Work Activities (Introduction to Management and Business)


Merencanakan Kegiatan Kerja

Merencanakan adalah mendefinisikan tujuan organisasi, menetapkan strategi untuk mencapai tujuan, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan kerja.
Alasan untuk perencanaan adalah memberikan arahan, mengurangi ketidakpastian, meminimalkan limbah, menetapkan standar untuk mengendalikan.

Perencanaan formal terkait dengan:
Hasil keuangan positif (keuntungan lebih tinggi)
Kualitas perencanaan dan implementasi mempengaruhi kinerja lebih dari tingkat perencanaan.
Lingkungan eksternal dapat mengurangi dampak perencanaan terhadap kinerja.
Hubungan perencanaan-kinerja dipengaruhi oleh kerangka waktu perencanaan.

Tujuan / sasaran adalah hasil atau target yang diinginkan.
Jenis tujuan
Tujuan keuangan -> terkait dengan kinerja keuangan internal.
Tujuan strategis -> terkait dengan kinerja perusahaan terhadap factor eksternal misalnya pesaing
Tujuan yang sama -> pernyataan resmi dari apa yang dikatakan oleh organisasi, dan apa yang diinginkan oleh berbagai pemangku kepentingan untuk meyakini tujuannya.
Tujuan nyata -> tujuan yang dilakukan atas apa yang telah diperintahkan.
Pendekatan untuk menetapkan tujuan adalah penetepan tujuan tradisional (manajer yang menentukan tujuan), Means-ends chain, manajemen berdasarkan tujuan.
Langkah-langkah dalam menetapkan tujuan adalah tinjau misi atau tujuan organisasi, evaluasi sumber daya yang tersedia, tentukan tujuan secara individual atau dengan masukan dari orang lain, tuliskan tujuan dan komunikasikan kepada semua yang perlu mengetahui, tinjau hasil dan apakah tujuan terpenuhi.

Rencana adalah dokumen yang menjelaskan bagaimana tujuan akan dipenuhi.
Jenis rencana
Rencana strategis -> rencana yang berlaku untuk seluruh organisasi dan menetapkan tujuan keseluruhan organisasi.
Rencana operasional -> rencana yang mencakup area operasi tertentu dari organisasi.
Rencana jangka panjang -> rencana dengan jangka waktu di luar tiga tahun.
Rencana jangka pendek -> rencana mencakup satu tahun atau kurang.
Rencana khusus -> rencana yang didefinisikan dengan jelas .
Rencana terarah -> rencana yang fleksibel dan menetapkan pedoman umum.
Rencana sekali pakai -> rencana satu kali yang dirancang khusus.
Rencana berdiri -> rencana berkelanjutan yang memberikan panduan untuk kegiatan yang dilakukan berulang kali.

Pendekatan untuk perencanaan adalah pendekatan tradisional (dilakukan oleh manajer tingkat atas), perencanaan formal.

Cara manajer merencanakan secara efektif di lingkungan dinamis adalah mengembangkan rencana yang spesifik, tetapi fleksibel, perlu mengakui bahwa perencanaan adalah proses yang berkelanjutan.

Komentar